Minggu, 26 Oktober 2008

KUE SINGKONG KEJU

Saat bulan-bulan berakhiran -ber datang hujan pun mulai sering mengguyur disore hari. Sambil minum teh atau kopi dan ditemani camilan hangat yang baru dipanggang adalah kenikmatan yang tiada duanya...

Resep kue ini adalah resep andalan ibuku, kalau ada antaran singkong dari saudara yang punya kebon singkong ataupun saat ibuku kebagian arisan di rumah.

Sedianya kue ini mau dibuat tadi pagi untuk acara Reuni Alumni teman-teman kuliah-ku, tapi ternyata aku salah baca SMS undangan yg menyebutkan hari Minggu (hari ini hari minggu) tapi ternyata hari Minggu bulan depan... Jadi karena singkong parut sudah ada...ya kubuat saja kue ini untuk dimakan sendiri...artinya aku memang harus mencoba dulu biar nanti pas acara aku sudah tau trik-trik membuatnya ;)



BAHAN :

1kg singkong yg sdh diparut

275 gr gula pasir

3 butir telur ayam

3 sdm margarin

3 sdm susu kental atau susu bubuk

300 cc santan dr 1 bh kelapa (kara biar gampang)

vanili

garam

keju parut

CARA :

Nyalakan oven 180 derajat.

Kocok telur dan 100 gr gula sampai kembang .

Campur singkong,sisa gula,vanili,garam,susu dan margarin.

Lalu masukkan telur yg sudah dikocok tadi, sambil diaduk masukkan santan dan aduk rata.

Olesi pyrex margarin, tuang adonan dan taburi keju parut .

Tutup dgn aluminium foil dan panggang 20menit, kemudian buka aluminium foilnya dan teruskan pemanggangan sampai kuning selama 30menit.

Selamat mencoba .


Tip:

Peras singkong parut terlebih dahulu dan tambahkan 2 sendok makan tepung kanji yg diseduh air mendidih, supaya singkong tidak turun didasar cetakan setelah matang.



1 komentar:

Haryanti mengatakan...

aku punya resep keluarga bahannya sama dari singkong..smua keluarga suka aku pingin resep ini jadi resep semua keluarga bantu publikasikan...