Senin, 28 Desember 2009

Ayam Bumbu Kemiri (BBQ)

Sebelum berangkat liburan akhir tahun, rencana ikutan "Masbar" kudu di kerjain dulu... dan sekalian posting di Facebook juga untuk promosi resep BBQ ini, lumayan siapatau bisa kasih ide tuk teman-teman yang mau ber-BBQ-ria di penghujung tahun 2009.


Hidangan Pesta Tahun Baru adalah tema "Masak Bareng Yuuk!!!" edisi Desember '09. Seperti biasa New Year Party kalo ga BBQ-an koq rasanya ada yang kurang... Resep hasil coba-cobaku ini tadinya belum dikasih judul, karena bumbunya pakai kemiri yaaa..kita namain saja "Ayam Bumbu Kemiri"... rasanya gurih dan wangi jeruk limo-nya membangkitkan selera.


BAHAN:
10 potong Dada Ayam
10 buah Jeruk Limo (jeruk sambel)
1 st Garam (sesuai selera)
1 cup Olive Oil ( minyak jagung juga bisa)
Bumbu:
12 siung Bawang Merah
6 siung Bawang Putih
5 buah Cabe Merah (buang biji jika tidak suka pedas)
3 cm Lengkuas, iris tipis
2 cm Jahe, iris tipis
20 buah Kemiri, sangrai
1 1/2 st Ketumbar Halus
4 sm Brown Sugar (Gula Jawa)

CARA :
Tumis bawang merah dan bawang putih utuh hingga layu.

Haluskan semua bahan bumbu,lalu tambahkan minyak, garam dan air jeruk limo (masukkan sebagian kulit jeruk limo biar bumbu menjadi lebih harum).

Rendam dada ayam dengan bumbu, diamkan sedikitnya 5 jam di dalam kulkas.

Bakar ayam sambil diolesi campuran olive oil/minyak jagung dan margarine cair. Angkat setelah bagian luar berwarna kecoklatan.

Hidangkan dengan Jagung bakar/rebus dan tumisan sayuran favorite anda.


NOTE:
Jika tidak ada pembakaran, cairkan sedikit margarin dan minyak jagung, biarkan hingga minyak agak berwarna kecoklatan lalu goreng ayam dengan api sedang hingga kedua sisinya berwarna coklat lalu susun dalam wadah tahan panas dan panggang dalam oven 160 derajat selama 15-20 menit.

HAPPY NEW YEAR !!!

1 komentar:

Masak Bareng mengatakan...

Makasih ya udah ikutan MasBar..

Met Tahun Baru 2010