Kamis, 10 Desember 2009

BAGEL

Seharian kemarin pikiranku dipenuhi Bagel Bagel Bagel... makanan favorite-ku yang belum pernah sekalipun aku coba bikin sendiri... bukan apa-apa rada males aja kalo ngebayangin rasanya ga bakal sama kayak bagel-bagel yang pernah aku makan.


Sebut aja Bagel-nya Starbuck, Spinelli atau New York Bagel yang kata-nya paling nge-top di dunia terbukti emang enak (thanks tuk suami dan saudara-saudara tercinta yang pernah ngoleh-ngolehin..he3). Tapi karena rasa kepengen yang ga bisa dialihkan lagi... aku beranikan diri mencoba resep hasil googling ini.
Hasilnya not bad... not bad at all !... (but please..please don't stop sending me your NY Bagel, bro!)... takutnya ga dioleh2in lagi deh... ha3


BAHAN :
500 gr Terigu Cakra
265 ml Air
1 bungkus Instant Yeast
1 sm Madu (aku pake Maple Syrup)
1/2 st Garam
20 gr Butter

untuk merebus:
150 Gula Pasir
1000 ml Air

untuk garnish:
100 gr Poppy Seed
100 gr Wijen (aku skip)

CARA :
Adoni semua bahan hingga kalis (tidak lengket lagi :), atau pakai mixer dengan putaran khusus untuk roti selama 20 menit. Lalu biarkan mengembang selama 40 menit.

Bagi adonan menjadi 6 bulatan (8 jika ingin ukuran kecil), bentuk menjadi seperti donat dan biarkan mengembang kembali selama 30 menit.

Untuk membuat air karamel, lelehkan gula diwajan hingga berwarna coklat lalu masukkan air secara perlahan.

Panaskan oven 200 derajat.

Didihkan air karamel dan rebus adonan selama 1 menit untuk setiap sisi, gunakan dua sendok sewaktu membaliknya. Angkat dan sisihkan.

Taburi bagian atas adonan dengan poppy seed, wijen atau biarkan polos.

Susun di loyang lalu bakar selama 15-20 menit.

Hidangkan dengan cream cheese atau selai kesukaan.

Note:
Mau tau the way I enjoy my bagel... aku belah bagel-ku, toast sebentar trus kucelup ke kopi susu..hmmm nikmat !!!

Tidak ada komentar: