Selasa, 01 Februari 2011

Buku Sejarah Kecil "Petite Histoire" Indonesia di Warung Kopi-ku.

Sore itu diluar agak mendung sepertinya malam akan diguyur hujan, udara dingin membuatku ingin menyeduh secangkir kopi, tapi kopi hitamku tidak punya teman yang manis-manis karena persediaan camilan sedang kosong!
...Tok tok tok, suara pintu depan diketok... wahh, ibu mertua mengantar semangkok Pallubutung (kolak pisang ala Makassar, yang biasanya disebut es pallubutung jika ditambahkan es dan sirop merah)... pucuk dicinta ulam tiba... ahhh nikmatnya!
Tidak berapa lama, terdengar lagi ketukkan di pintu depan, seorang kurir tersenyum dan bertanya: "Apa benar ini rumah ibu WW?.. ini ada paket dari Kompasindo, bu."
... Wowww, ini dia yang aku tunggu-tunggu buku karya Rosihan Anwar "Sejarah Kecil 'Petite Histoire' Indonesia Jilid 4"
Terus terang aku bukan orang yang suka baca buku sejarah, dulu saja waktu sekolah aku selalu mengantuk ketika giliran pelajaran sejarah...tapi untuk buku yang satu ini aku sempatkan melirik isi buku. Buku ini menceritakan kisah-kisah kecil yang ternyata mempunyai arti penting bagi bangsa Indonesia. 

Tapi sebenarnya buku ini sangat istimewa untukku karena cover design buku ini memakai hasil jepretan kamera-ku. Aku sungguh beruntung, ada orang baik yang meminta izin dan menawarkan imbalan untuk memakai karya foto-ku yang pernah aku posting di Flickr, sementara banyak karya teman-temanku yang dibajak orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk keuntungan mereka sendiri (boro-boro ngasih imbalan atau nyantumin nama photographer-nya, minta izin aja ngga..uhhh!).

Kembali ke Warung Kopi-ku, suapan manis-nya pisang kepok dalam Pallubutung diimbangi dengan seruputan pahit nan nikmat dari kopi hitam-ku, benar-benar terasa komplit dengan dekapan buku karya penulis besar Rosihan Anwar didada yang membuatku bangga dan bersemangat... Alhamdulillah!

Tidak ada komentar: