Sabtu, 16 Februari 2008

Mengurangi Pemanasan Global

Pemanasan Global diakibatkan karena meningkatnya suhu bumi (atmosfir, laut dan daratan bumi). Penyebab utama terjadinya Pemanasan Global adalah pemborosan penggunaan energi, penerbangan hutan, eksplorasi sumber energi di bumi yang berlebihan.

Akibat bumi yang semakin panas dan es di kutub mencair sehingga volume air laut bertambah dan permukaan laut semakin tinggi, hal ini akan mengancam keberadaan beberapa pulau di dunia. Terlebih Indonesia sebagai negara kepulauan.

Diprediksikan tahun 2050 beberapa wilayah Indonesia akan tenggelam. Jika wilayah Ancol , Tanjung Priok diprekdisikan tenggelam bisa kita bayangkan beberapa pulau di Indonesia akan lenyap tentunya..

APA YANG DAPAT KITA LAKUKAN UNTUK MENCEGAHNYA?

PAPERLESS

Hemat penggunaan kertas dengan cara mengunakan kembali kertas bekas,untuk mengurangi jumlah pohon pohon yang akan ditebang untuk bahan dasar pembuatan kertas.

Bijaklah dalam penggunaan tisu toilet, karena tisu adalah produk sekali pakai tidak bisa didaur ulang kembali. Dan gunakanlah saputangan untuk menyeka keringat.

Jangan terima kertas selebaran promosi yang sering dibagikan di mal, yang sering kali kita buang langsung ke tong sampah tanpa membacanya.

Tidak perlu mencetak slip di ATM jika tidak benar benar di butuhkan, bawalah notes&pulpen jika ingin mencatat saldo tabungan.

Pilihlah cone (kue corong) sewaktu membeli es krim, bukan paper cup.

SAVE THE ENERGY

Selain menghabiskan sumber energi biasanya peralatan elektronik menghasilkan emisi karbon dioksida yang berbahaya untuk kesehatan.

Matikan semua alat elektronik bila sudah tidak diperlukan, sebagian besar alat elektronik di rumah menyerap energi listrik yang besar walupun dalam kondisi “stand by”. Gunakan lampu neon atau jenis lain yang hemat energi.

Berkumpullah di satu ruangan untuk melakukan aktifitas bersama, mungkin anak-anak belajar dan ayah ibu membaca buku atau lainnya, selain menghemat pemakaian listrik untuk penerangan & AC keakraban keluargapun akan tercipta.


SAVE THE WATER

lihat posting blog-ku ttg AIR BERSIH

GO GREEN

Menanam pohon dihalaman rumah untuk penghijauan, menyaring polusi udara, memudahkan penyerapan air ke dalam tanah. Selain membuat udara menjadi segar pepohonan membuat udara lebih dingin sehingga dapat menghemat listrik AC.

Manfaatkan juga tanah kosong di halaman untuk berkebun,menanam tanaman produktif (buah&sayur) yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan sehat.

Pilahlah sampah organik dan non organik, sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos. Sedangkan sampah non organik dapat di daur ulang menjadi produk lain.

Jangan membakar sampah karena bisa menghasilkan gas-gas yang dapat menimbulkan pencemaran tanah dan udara. Dan jangan membuang sampah sembarangan.

Minimalkan penggunaan plastik dalam kegiatan sehari-hari, seperti kantong plastik belanja. Karena dibutuhkan waktu 1000 tahun untuk menguraikan plastik secara alami. Bawalah keranjang belanja sendiri jika berbelanja.

Mungkin terdengar mengada-ada atau sulit untuk melaksanakannya, tapi jika kita semua menginginkan kelangsungan kehidupan yang baik untuk anak-anak kita di masa depan, marilah kita mulai gerakan ini untuk Mengurangi Pemanasan Global.

Tidak ada komentar: