Senin, 25 Februari 2008

TUGAS SEKOLAH

Tulisan kita di blog ternyata sangat bermanfaat untuk diri sendiri.
Beberapa hari yang lalu anak-ku dapat tugas sekolah dadakan, sebenarnya tugas kelompok tapi karena teman2nya tidak dapat mengerjakan bersama-sama, akhirnya Karin berinisiatif sore itu bertanya ke guru BimBel (Bimbingan Belajar). Malamnya dengan catatan ditangan Karin menyetik hasil diskusinya di laptop.
Waktu menunjukan jam 8.30 berarti 1/2 jam lagi waktunya untuk tidur. Aku menawarkan diri untuk membantu menyelesaikan tugasnya. Karin dengan senang hati mengiyakan tawaranku dan ambil ancang-ancang untuk tidur.

Aku mulai membaca pertanyaan2 di tugas sekolah tersebut yaitu tentang Pemanasan Global, Efek Rumah Kaca dan Pencemaran Lingkungan.
Pada bagian tentang Pemanasan Global Karin menulis cukup bagus tapi tetap menurutku masih kurang, info dari guru BimBelnya kurang lengkap. Tapi kata Karin tidak perlu panjang-panjang bahasannya nanti guru di sekolah tidak percaya kalau tugas tersebut Karin yang mengerjakan (?!?!?)...OK lah aku setuju dengan pendapatnya.

Lanjut kebahasan ke dua tentang Efek Rumah Kaca, ku-intip catatannya...bola mataku terasa mau copot dari tempatnya (..ha3 ungkapan kalau kita kaget dan tidak percaya).
Penasaran ku-baca ulang...Efek rumah kaca adalah kondisi buruk yang disebabkan oleh banyaknya dibangunnya gedung2 tinggi yang memakai kaca di dindingnya... " what ?!?! "
"Bener dong mah" kata Karin "Kata guru BimBel begitu !!!" sambungnya.

Ada yang tidak benar ini, tapi susah juga kalau aku ngotot memberitahunya. "Kita search di internet sama-sama yuk!".
Kami menemukan disalah satu website yang menerangkan bahwa Efek Rumah Kaca adalah
merupakan sebuah proses di mana atmosfer memanaskan Bumi.

Energi panas Matahari yang diterima Bumi harusnya dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi infra merah oleh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar infra merah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, lalu dikembalikan ke permukaan bumi lagi sehingga bumi menjadi panas.
Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas
karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Yang disebabkan oleh pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar lainnya.
Akhirnya Karin mengerti juga...dan karena matanya sudah tidak bisa menahan kantuk dia minta izin untuk tidur. Dan memohon supaya besok pagi tugasnya sudah ada di meja ( ?!?!? )
Akhirnya aku mengerjakan tugas Karin dengan sistem Copy Paste alias comot sana comot sini, tapi sebagian besar aku ambil dari artikel di blog-ku ini.
Pagi hari di samping piring sarapan pagi aku sudah letakkan tugas sekolahnya...Karin senang karena tugasnya aku buat dengan huruf sesuai pilihannya dan dengan huruf berwarna-warni seperti warna bunga bunga di taman...dan di lembar Judul tertulis nama kelompok SAKURA (aku ga tau Karin pilih sendiri nama itu atau guru-nya yang kasih).
Yang pasti tugas aku buat 2 set copy-an, satu untuk di kumpulkan di sekolah dan satu lagi untuk guru BimBel yang menurutku harusnya lebih tahu banyak lagi tentang pengetahuan umum !.

Tidak ada komentar: