Selasa, 17 November 2009

Pumpkin Pie

Labu Parang oleh-oleh dari Kuningan yang menjadi hiasan di dapurku sudah lumayan lama nangkring di atas meja. Takut mubazir kalo sampai menjadi busuk akhirnya aku kukus semua dan kubuat puree.5 cups Pumpkin Puree menjadi stok di kulkas dan biar tahan lama sebagian masuk freezer.

Dan Pumpkin Pie ini menjadi pilihan pertama untuk dicoba :)

BAHAN:

Pie dough

2 1/2 cup Terigu
1 st Garam 1 st Gula
1 cup Unsalted Butter, dingin dan potong persegi kecil.
1/4 cup Air Es

Pie filling
1 1/2 cup Pumpkin Puree
1 cup Light Brown Sugar ( aku: 1/2 gula palm + 1/2 gula pasir)
1 sm Maizena
1/2 st Garam
1/2 st Jahe bubuk
1 st Kayu Manis bubuk
1/8 st Cengkeh bubuk (seujung sendok teh)
1 1/2 cup Evaporated (aku: 1 cup pake susu cair)
3 butir Telur
1 butir Telur, untuk glaze (aku skip)

CARA:
Pie dough

Dalam mangkuk campur terigu, garam, gula dan butter dengan menggunakan pisau pie atau dengan ujung-ujung jari tangan aduk hingga menjadi butir-butir halus.

Lalu tuang air es dan aduk perlahan, bagi adonan menjadi 2 bagian (bisa untuk 2 kali bikin pie)

Bungkus dengan plastic-wrap dan simpan di kulkas.

Pie filling
Nyalakan terlebih dahulu oven 200 derajat.

Dengan blender campur sampai rata semua bahan kecuali telur.

Kocok lepas telur dalam mangkuk, kemudian tuang adonan pumpkin yang sudah di blender tadi dan aduk rata.

Finishing
Giling 1 bagian pie dough, alas dengan plastik bagian atas dan bawahnya.

Letakkan adonan diatas cetakkan pie dan ratakan.

Olesi pinggirannya dengan kocokan telur + 1 sm susu (yg ini aku skip).

Tuang adonan filling, lalu bakar selama 10 menit dengan panas 200 derajat.

Kemudian dengan oven 175 derajat selama 30 menit.

Setelah dingin hidangkan, beri whipped cream di atasnya.



Note:
Resep dari Martha Stewart, tapi ada bahan yang aku ganti dan hilangkan.
Dan cara membuatnya juga yang menurut cara gampangku saja :)

Tidak ada komentar: