Selasa, 12 Januari 2010

Pains Au Lait et Cafe` Au Lait

Ada teman baruku di sekolahan, dia pindah dari Swiss... dia cantik banget lho, mah! Dan dia juga baik sekali... aku dan teman-teman diajarin bahasa Prancis... Je belle artinya aku cantik. Aku tersenyum senang karena hari ini anakku pulang sekolah tampak ceria sekali :)

Gara-gara kata je belle aku jadi ingat roti Prancis yang aku bikin 3 hari yang lalu yang belum sempat aku posting... judulnya Pains Au Lait yang artinya Roti Susu.


BAHAN :
350 gr Terigu Protein Tinggi (Cakra)
1 sm Gula Pasir
5 gr Ragi Instan
1/2 st Garam
250 ml Susu Cair hangat
35 gr Unsalted Butter

CARA :
Campur terigu, gula, ragi dan garam. Aduk rata.

Masukkan susu sedikit sedikit sambil diuleni.

Masukkan butter, uleni sampai kalis. Diamkan 1 jam sampai mengembang.

Kempiskan, bagi 20 bagian. Bentuk bulat. Letakkan di loyang yang diolesi margarin.


Kerat bagian atas bulatan dengan pisau. Diamkan 45 menit.

Oles dengan susu cair. Bakar dalam oven 200 derajat selama 15 menit.

Source : buku Sedap
~~~

Karena rotinya sudah dari Prancis, biar klop bikin kopinya pun berbau Prancis juga...ahh! ... Cafe`Au Lait alias Kopi Susu :)


BAHAN :
2 sm Kopi Bubuk
200 ml Air Panas
1 sm Susu Kental Manis (sesuai selera)

CARA :
(ahhh..semua orang juga sudah tau cara bikin kopi :)
Seduh kopi dengan air panas tambahin susu deh!

Hanya ingin berbagi ilmu yang kudapat dari seorang teman,
Air panas usahakan bersuhu 95 derajat (diamkan air mendidih sebentar baru dituang) agar pahitnya kopi tidak keluar sehingga rasa kopi lebih yummy.

Setelah air panas dituang diamkan sebentar dan saring ke gelas saji. Kalo tidak mau disaring 1 sm kopi bubuk aku rasa cukup tuk 1 cangkir kopi.
Tambahkan susu kental, aduk... dan selamat menikmati!

FYI (katanya) :
Kafein bisa membuat kita merasa riang, lebih segar dan energik :) ...Have a happy day, my friends!

Tidak ada komentar: